Tempat wisata di Banjarmasin yang wajib di kunjungi

Banjarmasin

Hari ini kebetulan saya sedang ada tugas ke kota lahir saya, yaitu di Banjarmasin. Setelan menempuh perjalanan darat kurang lebih 8 jam menuju ke Banjarmasin. Pemandangan sawah yang luas menandakan bahwa saya akan tiba di Kota Seribu Sungai tersebut dan kota ini tidak banyak berubah.
Mungkin tidak hanya saya yang sedang berada di Banjarmasin untuk melakukan tugas maupun liburan. Pastinya banyak teman-teman semua yang melakukan hal yang sama dan pasti banyak juga yang belum tau tempat-tempat yang anda ingin kunjungi dalam waktu yang sangat terbatas.
Mumpung ada sedikit waktu luang saya akan menshare tempat wisata di Banjarmasin yang wajib di kungjungi. Jadi anda tidak perlu repot-repot untuk mencari refferensi untuk membuat momen dan mengunjungi tempat tersebut.

Berikut tempat wistaa di Banjarmasin yang wajib di kunjungi :

Taman Siring Sungai Martapura

Bertempat di jalan Jendral Sudirman terdapat tempat yang lumayan seru untuk nongkrong dan cuci mata, karena disana banyak sekali macam-macam makanan yang di jual, dari yang khas banjar sampai makanan yang bukan berasal dari Banjarmasin sendiri.
Taman siring sungai martapura ini berada di pinggiran sungai martapura dan sangat ramai pengunjung saat di sore hari. Jika anda ingin mengunjungi taman siring sungai martapura tersebut usahakan dapa sabtu sore atau minggu pagi, karena pada hari tersebut dengan biaya Rp.5000,- . Anda dapat jalan-jalan menggunakan kelotok di sepanjang sungai martapura dan menikmati keindahan kota seribu sungai tersebut dari atas sungai.

Patung Bekantan Raksasa Siring

Tidak jauh dari Taman Siring Sungai Martapura tempat wisata di Banjarnasin juga terdapat tempat yang saya anjurkan untuk di kunjungi semasa liburan anda ke kota Banjarmasin, yaitu Patung Bekantan Raksasa Siring.
Patung ini di buat pada tahun 2015 lalu, dan sangat cepat menarik minat pengunjung untuk di jadikan salah satu tempat rekreasi melepas penat di Banjarmasin pada malam hari. Kenapa pada malam hari? Karena pada malam hari tersebut keindahan serba serbi pencahayaan patung bekantan raksasa siring tersebut terlihat jelas, sangat cocok bagi anda yang hobi foto dan selfie.

Patung bakantan

Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Tempat wisata di Banjarmasin yang ke-3 adalah Masjid Raya Sabilal Muhtadin.
Pasti anda heran kenapa masjid bisa menjadi salah satu object wisata yang ada di kota Banjarmasin. Mesjid Sabilal Muhtadin adalah Mesjid terbesar yang ada di Kalimantan Selatan. Masjid ini mampu menampung sebanyak 15.000 jama’ah, mesjid ini juga mempunya halaman yang luas dan sangat rindang. Tak heran selain digunakan untuk beribadah banyak pengunjung juga melepaskan penat di halaman Mesjid Raya Sabilal Muhtadin.
Lokasi yang cukup dekat dengan Taman Siring Sungai Martapura dan Patung Bekantan Raksasa Siring menjadi perhatian banyak pengunjung untuk mampir ke Masjid Raya Sabilal Muhtadin tersebut.

Masjid raya sabilal muhtadin

Masjid Sultan Suriansyah

Berbeda dengan Masjid Raya Sabilal Muhtadin yang menjadi Masjid terbesar di Banjarmasin, kali ini kita akan membahas tentang Masjid tertua di Banjarmasin yaitu Masjid Sultan Suriansyah yang berada di daerah Kuin yang dibangun antara tahun 1526 – 1550. Masjid ini dibangun dengan khas Banjar yaitu rumah panggung, ukiran Banjar dan atap yang tinggi dengan desain berlapis.
Keunikan lain dari Masjid tertua ini terletak pada mihrab atau tempat imam untuk sholat yang memiliki atap sendiri yang terpisah dari atap bangunan utama.

Masjid sultan suriansyah

Kampung Sasirangan khas Banjar

Kota Cirebon terkenal dengan Batik Trusmi nah di Banjarmasin sendiri terkenal dengan Batik Sasirangan nya. Menjadikan Batik Sasirangan sebagai oleh-oleh dari Kota Banjarmasin adalah pilihan yang tepat, karena hanya di Banjarmasinlah kita dapat menemukan Batik Sasirangan yang di buat secara manual dan tradisional.
Jika anda berminat untuk membeli Batik Sasirangan anda bisa dapatkan di Jalan Seberang Masjid, daerah Kampung Melayu. Uniknya selain dapat membeli Batik Sasirangan, anda juga dapat melihat proses pembuatan Batik tersebut secara manual dan tradisional.

Kampung sasirangan

Pasar Intan Martapura

Bagi anda pecinta Acsesoris, pernak pernik perhiasan sampai Batu Akik, Pasar Intan Martapura adalah tempat yang cocok anda kunjungi. Berjarak 45 KM dari Kota Banjarmasin menuju arah Bandara Syamsudinnor, tepatnya di Kota Martapura yang terkenal dengan Kota Penambangan Intan dan Permata terbesar di Indonesia.
Dengan tema Pasar Intan Martapura tentunya banyak aneka ragam dan jenis pilihan Acsesoris asli dari Kalimantan Selatan. Pasar Intan Martapura ini memiliki 88 toko penjualan batu permata, banyak sekali wisatawan dari luar negeri mampir ke Pasar Intan ini untuk membeli oleh-oleh batu permata dan di bawa pulan ke Negara mereka masing-masing.
Jadi pastikan Pasar Intan Martapura menjadi salah satu tempat yang anda tuju saat anda berlibur ke Banjarmasin.

Pasar Martapura

Wisata Pulau Kembang

Wisata di Banjarmasin selanjutnya adalah Wisata Pulau Kembang.
Wisata Pulau Kembang berada di tengah sungai Barito di Banjarmasin. Menjadi tempat tinggal banyak Kera dan Bekantan secara otomatis akan menjadi menarik perhatian para pengunjung yang sedang ingin bertamasya. Selain banyaknya populasi Kera dan Bekantan banyak juga flora maupun fauna lain yang ada di Pulau Kembang tersebut.
Jika anda mengunjungi Wisata Pulau Kembang tersebut saya sarankan jangan membawa makanan ke dalam tempat wisata tersebut. Karena bisa berpotensi menjadi sasaran oleh Kera untuk merebut makanan kita. Akses menuju Wisata pulau kembang ini harus melalui sungai menggunakan speed atau kelotok yang bersifat carter.

Pulau kembang

Wisata Pasar Terapung

Banjarmasin adalah kota seribu sungai yang tentu saja memiliki Wisata andalannya yaitu Wista Pasar Terapung. Siapa yang tidak kenal dengan Pasar Terapung yang menjadi Wisata andalan Kota Banjarmasin.

Sama halnya dengan tempat jual-beli lainnya, pasar terapung juga salah satu sarana untuk bertransaksi jual beli makanan, minuman, buah dan sayur. Hanya saja yang membuat menarik adalah jual beli tersebut berada diatas Sungai. Sudah 400 tahun lebih Pasar Terapung ini berlangsung dan cukup menarik perhatian wisatawan indonesia maupun wisatawan asing.

Salah satu Pasar Terapung yang paling menarik perhatian wisatawan yaitu pasar terapung yang beradavdi muara Sungai Barito, yang tepatnya kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin.
Jika Anda ingin menyaksikan langsung kegiatan jual beli di pasar ini, anda harus datang antara pukul 05:00AM – 07:00AM.

Pasar terapung

Nah itu tadi beberapa tempat wisata di Banjarmasin yang wajib untuk di kunjungi
Yuk cek tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia

Click Here!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *