Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Pemula – Di jaman modern saat ini banyak sekali orang orang yang suka berfoto-foto entah itu penelitian atau sekedar untuk mengabadikan suatu moment. Untuk orang yang baru saja terjun ke dunia fotografi dan belum memiliki kamera pasti bingung. Mau memilih kamera yang bagus dan mudah dalam berfotografi dan menghasilkan foto yang bagus.

Di zaman teknologi yang sudah canggih, sekarang ini tipe kamera memiliki perkembangan yang sangat cepat. Banyak orang yang beralih dari kamera saku dengan menggunakan kamera DSLR, agar terlihat keren dan tidak ketinggalan dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Bagi seorang fotografer, menggunakan kamera DSLR memang menjadi hal biasa, karena setiap hari harus mengotak atik kamera tersebut.

Namun bagi orang awam, menggunakan kamera DSLR harus dengan belajar terlebih dahulu, supaya dapat menghasilkan jepretan yang baik dan sesuai dengan keinginan. Pada kesempatan kali ini kita akan memebahas dan merekomendasikan beberapa kamera yang bagus dan mudah di gunakan.

Jadi bagi para pemula yang baru ingin memulai belajar menggunakan kamera DSLR tidak usah khawatir. Karena ada beberapa tipe kamera yang memang sengaja di desain untuk masih belajar menggunakan kamera tersebut. Kamera tersebut di desain untuk pemula, sehingga harga kamera DSLR tersebut lebih terjangkau.

Bahkan kamera DSLR untuk pemula, sengaja di desain dengan lebih sederhana. Sehingga hal ini dapat memudahkan untuk penggunanya yang ingin meningkatkan kemampuan dalam dunia fotografi. Sebelum memutuskan untuk membeli kamera DSLR yang menjadi idaman Anda. Sebaiknya cari informasi terlebih dahulu kamera tipe mana yang cocok untuk Anda miliki.
Berikut beberapa rekomendasi kamera DSLR untuk pemula dari cannon dan nikon yang bisa di jadikan refensi bagi anda yang baru menekuni dunia fotografi:

1. Canon 1200D

Kamera ini berada pada urutan level paling bawah untuk kamera DSLR untuk pemula, harganya yang sangat bersahabat untuk kantong (sekitar Rp. 5 jutaan). Pendahulunya yaitu seri 1000D sukses di pasaran di lanjutkan lagi oleh 1100D, dan tentunya ada perbaikan di sana-sini. Canon 1200D di lengkapi efektif pixel 18 MP dengan sensor APS-C 22,3 x 14.9 mm CMOS. Auto focusnya sendiri terdiri dari contrast detect, phase detect, multi area, selective, continous, face detect, dan live view.

Untuk urusan video jangan ditanya lagi, kualitas Rekam video yang mengagumkan dengan format High-Definition dengan kecepatan 25 atau 30 frame per-detik dan ditunjang oleh prosessor penglah gambar DIGIC 4. Dalam fitur perekaman hadir dengan menggunakan fitur kontrol pengatur eksposur otomatis yang bisa membuat kita dengan bebas merekam.

2. Canon 700D

Sekilas kalau di perhatikan kamera ini mirip dengan Canon 650D. Ya memang 700D merupakan penerus dari 650D yang dikenal sebagai kamera DSLR pertama dengan fitur touch screen (Canon 650D, Kamera DSLR untuk Pemula dengan Layar Sentuh). Penyempurnaan terlihat jelas pada body kamera yang lebih berkualitas dan pegangan yang lebih mantap. Pada kamera canon 700D, saat mengaktifkan liveview dan efek kreatif kita dapat langsung melihat aplikasi efek kreatifnya langsung di layar.

Kamera ini di lengkapi dengan 18 MP, seperti kamera canon kebanyakan kamera ini juga sangat apik dalam hal pembuata Vdeo dengan format resolusi Full HD 1920×1080. Anda dapat melakukan multi-touch, seperti mencubit dan menggesser, untuk memilih mode pengambilan gambar. Mengubah pengaturan, pelacakan wajah, memilih titik auto-fokus, dan fokus serta mengambil gambar dalam mode Live View.

3. Nikon D3300

Kamera DSLR Nikon D3300 bisa menjadi awal yang bagus untuk pemula, karena kamera ini menawarkan jumlah pixel 24,2 juta sama dengan D3200 yang rilis tahun 2012. Fitur yang paling mencolok dari Nikon D3300 adalah kemampuannya merekam video dalam format HD sebesar 1080p yang berjalan pada kecepatan 30 fps dan di dukung oleh processor pengolah gambar Expeed 4.

Kamera DSLR ini juga di lengkapi dengan fitur auto fokus dengan titik point yang sanat responsive yang sangat baik, sehingga untuk urusann menangkap objek dengan cepat. Kamera ini di lengkapi dengan efektif pixel 24, 2 MP dan di dukung ukuran sensor sebesar 23,2mm x 15,4 CMOS.

4. Nikon D5500

Rekomendasi kamera DSLR yang selanjutnya adalah Nikon D5500 di luncurkan pada januari tahun 2015. Yang di lengkapi LCD vari-angle (bisa di ubah posisinya dan mengambil foto dari berbagai macam sudut) yang berkuran 3,2 inchi dengan resolusi 1,03 juta titik. Seperti kamera dengan layar sentuh lainnya, dengan kamera DSLR Nikon ini kita bisa memilih titik fokus dengan ujung jari. Pinch to zoom layaknya di smartphone, dan juga bisa mengunci fokus serta mengambil eksposure cukup dengan menyentuh layar.

Kamera DSLR Nikon D5500 di bekali sensor 24,2 mp DX-format APS-C dan telah menanggalkan low pass filter optic atau filter anti aliasing hal ini membuat ketajaman hasil foto yang lebih baik. Kamera ini juga di lengkapi dengan prosessor gambar Expeed 4, dengan prosessor yang ada akan membantu kinerja kamera menjadi lebih baik.

Untuk urusan kualitas gambar walaupun di level kamera DSLR untuk pemula, secara overall Nikon lebih unggul namun bila hanya dibandingkan untuk harga dan user friendly Canon masih terdepan. Itulah beberapa penjelasan tentang Camera DSLR yang cocok dan bagus untuk anda yang baru saja terjun ke fotografi. Semoga dengan penjelasan di atas bisa menjadi referensi anda untuk membeli kamera yang cocok dan pas dengan anda

Baca juga artikel lain nya terkait dengan DSLR pada halaman berikut . . .


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *