Cara Merawat Dan Memperbaiki Aki Basah Yang Rusak

Jika kemarin saya menulis tentang pembahasan cara memperbaiki aki kering yang rusak. Sekarang kita akan membahas cara merawat dan memperbaiki aki basah yang rusak. Tetapi sebelumnya saya akan menjelaskan tentang perawatan untuk aki basah agar tidak cepat rusak.

Baca Cara Memperbaiki Aki Kering

Seperti kata pepatah mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati, hal itu juga berlaku untuk aki basah. Kenapa hal itu bisa terjadi?? karena pada aki basah jumlah cairan H2SO4 mengalami penguapan dan berkurang akibat dari reaksi kimia didalam aki tersebut, hal itulah yang mengharuskan kita melakukan perawatan secara intensive.

Berikut Cara Merawat yang perlu dilakukan pada Aki Basah:

  1. Pastikan Air Aki sesuai dengan level yang dianjurkan
    Dalam Aki basah pengurangan pada air aki adalah hal yang pasti akan terjadi, air aki tersebut mempunyai batasan level antara Upper dan Lower. Jangan sampai air aki tersebut terlalu banyak maupun jangan sampai juga kurang dari batas lower, jika di bawah batas Lower langsung di isi dengan Air Aki tambah yang berwarna biru.
  2. Pastikan Lubang pernapasan pada tutup aki tidak buntu
    Tahukan anda pada tutup pengisian air aki memiliki lubang, dan taukan fungsi dari lubang tersebut?? Tutup pengisian aki memang memiliki lubang yang disebut dengan Breather/pernafasan yang menghubungkan udara luar dengan dalam aki tersebut. Fungsi dari lubang pernapasan itu untuk membuang uang dari larutan H2SO4 yang bereaksi pada Fn dan ZU dalam proses pengisian/cherging pada Aki tersebut, bayangkanlah apabila lubang pernapasan pada tutup pengisian air aki tersebut buntu pasti penguapan yang terus terjadi akan menjadi tekanan didalam aki dan menyebabkan kondisi terburuknya aki akan meledak dan rusak.
  3. Jaga kebersihan pada terminal Positif (+) dan Negative (-) Aki
    Proses dimana arus listrik mengalir dari muatan yang tinggi ke muatan yang rendah mengakibatkan munculnya sejenis kerak berwarna putih yang di sebut korosif. Secara fungsi Aki korosif tersebut tidak akan menggangu proses pemakaian maupun pengisian dari Aki tersebut. Akan tetapi apabila kita akan melepas aki tersebut dari motor atau mobil tentu hal tersebut akan sangat menggangu. Cara membersihkannya cukup mudah cukup di siram menggunakan air panas maka Korosif tersebut akan hilang. Dan jangan lupa untuk memberikan Grease/Gemuk pada terminal aki untuk mencegah munculnya kembali korosif tersebut.

Nah jika sudah memahami cara untuk merawat aki basah, sekarang saya akan menjelaskan cara untuk memperbaiki aki basah yang sudah terlanjur rusak atau drop. Sebenarnya untuk cara memperbaiki Aki Basah tidaklah berbeda dengan aki kering. Hanya saja kita tidak memerlukan Obeng min (-) untuk membuka tutup pengisian air aki tersebut, berikut simak cara memperbaiki aki basah yang rusak :

PREPARE (Persiapan)

Sebelum kita memperbaiki aki yang rusak tersebut alangkah baiknya kita melakukan persiapan terlebih dahulu, apa saja yang harus disiapkan :

  1. Aki Basah yang rusak
  2. Air Accu Zuur (Cairan untuk pengisian air aki, biasa botol berwarna merah)
  3. Kain/Tissue yang tidak terpakai (untuk satu kali pakai)
  4. Air Panas Secukupnya

CARA MEMPERBAIKI AKI BASAH YANG RUSAK :

  1. Cari posisi datar dan aman yang jauh dari jangkauan anak-anak
  2. Buka tutup pengisian air aki menggunakan tangan atau alat bantu lainnya.
  3. Jika sudah terbuka buang air yang ada didalam aki tersebut, tetapi hati-hati jangan sampai terkena kulit, baju atau celana.
  4. Jika air didalam aki tersebut sudah habis cuci dan rendam aki menggunakan air panas
  5. Jika sudah keringkan air yang masuk kedalam aki tersebut
  6. Isi Aki menggunakan Accu Zuur sampai 1 cm sebelum mulut dari lubang aki tersebut
  7. Lap dengan kain/tissue yang sudah disiapkan
  8. Tutup kembali Aki tersebut

Sekian dulu dari saya, baca terus cara-cara lainnya yang ada di Catatan Hisoka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *