Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak

Rata-rata setiap Smartphone jaman sekarang pastilah menggunakan kartu memori atau yang biasa disebut MMC(Multi Mesia Card), MMC ada banyak macamnya tapi umumnya yang sering kita temui yaitu Micro SD dan Nano SD.

Sekarang harga MMC cenderung sangat murah, akan tetapi kita sangat tidak menginginkan apabila MMC tersebut hilang atau rusak, bukan karena masalah harga akan tetapi pentingnya setiap data yang ada di dalam MMC tersebut, mulai dari Foto, Video, Musik, File-file penting sampai Aplikasi yang kita simpan di External Memory yang tidak akan pernah terbeli dengan apapun.

Yang jadi pertanyaan bagaimana jika MMC kita hilang? Kalau hilang, ya tentu saja kita cuma bisa berdoa untuk menemukannya kembali hehe, nah bagaimana jika MMC tersebut mengalami kerusakan? Jawabannya ada yang bisa diperbaiki dan ada yang sudah tidak bisa di perbaiki lagi, untuk yang masih bisa di perbaiki kita memerlukan cara memperbaiki kertu memori yang rusak tersebut.

Kategori kartu memori atau MMC yang tidak bisa di perbaiki yaitu kerusakan pada fisik kartu memori tersebut, seperti patah, retak, bengkok, terbakar, dan sebagainya. sedangkan untuk kartu memori yang masih bisa diperbaiki yaitu Memori card atau MMC tidak terbaca, Memori card lemot, terjadi Error pada sistem, dan sebagainya.

Berikut cara memperbaiki kartu memori yang rusak :

Cara Pertama :

  1. Matikan Handphone sobat terlebih dahulu, cabut kartu memori dari handphone
  2. Siapkan penghapus pensil (usahakan yang berwana putih) kemudian gosok dengan satu arah lempengan berwarna kuning searah keluar secara pelan sampai bersih, jangan sampai bagian yang kita bersihkan tersebut terkena kulit atau jari kita karena bisa mengakibatkan lempengan kuning tersebut akan berminyak dan kotor.
  3. Masukkan kembali ke dalam Handphone anda dan silahkan coba untuk mengecek kartu memori tersebut.
  4. Jika cara tersebut masih belum berhasil untuk memperbaiki kartu memori tersebut, silahkan coba cara yang kedua

Cara Kedua :

  1. Hidupkan Handphone anda dan masuk ke pilihan Option> Memory> Total Space > dan pilih Repair
  2. Jika anda menggunakan Smartphone Android mungkin pilihannya agak terbatas, dan masuk ke “Setting> Storage> Erase SD Card” akan tetapi untuk cara ini akan menghilangkan semua data yang anda punya, jadi berhati-hatilah untuk menggunakan cara ini.
  3. Terkhir silahkan coba kembali kartu memori anda apakah sudah bisa untuk di gunakan.

Cara Ketiga :

Untuk cara ketiga ini kita memerlukan Laptop / PC untuk cara memperbaiki kartu memori yang rusak tersebut,

  1. Sambungkan Handphone anda dengan Laptop / PC anda atau jika anda menggunakan Laptop silahkan sambungkan langsung Kartu Memori anda dengan Laptop anda menggunakan Adapter untuk kartu memori tersebut
  2. Pastikan Handphone anda terhubung pada mode “Mass Storage Mode” bukan pada “Media Transfer Mode”
  3. Masuk ke Windows Explorer atau tekan Simbol Windows+E
  4. Klick akan pada media drive kartu memori anda dan pilih Properties> Tool > Error Checking dan Click Check, tunggu sampai muncul tampilan “Check Disk Option” kemudian centang semua pilihan untuk proses repair seperti gambar di bawah ini dan click start.
  5. Tunggulah sampai proses check & repair selesai kemudian eject kartu memori anda
  6. Coba cek kartu memori anda pada Handphone apakah sudah solve atau masih problem

Cara Keempat :

  1. Apabila cara ketiga tidak berhasil, biasa saat proses scan dan repair muncul pesan kesalahan pada proses scan tersebut silahkan Buckup terlebih dahulu data yang ada pada Kartu Memori anda.
  2. Lakukan Format pada kartu memori anda, caranya :
  • Klick kanan pada pada drive kartu memori and
  • Cari pilihan Format
  • Berikan tanda centang pada pilihan FAT16
  • Klick start dan jangan pernah mencabut kartu memori anda sampai proses format selesai
  • Jika sudah selesai silahkan kembalikan data yang telah di Buckup tadi
  • Silahkan coba Kartu Memori anda di Handphone anda

Tips & Trick Lainnya di Catatan Hisoka

Itu tadi 4 cara memperbaiki kartu memori yang rusak, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian, jangan lupa untuk Commentnya…terimakasih

Jika anda sedang mencari Refferensi untuk liburan dan belajar fotografi, silahkan kunjungi link berikut “Catatan Hisoka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *