Aki Kering Anda Rusak Begini Cara Memperbaikinya

aki kering

Cara memperbaiki aki kering yang rusak

Kehidupan manusia tidak lepas dari yang namanya adalah energi. Energi itupun sangat banyak variasinya mulai dari energi panas, energi cahaya, kemudian ada juga energi listrik. Yang tentunya sangat menjadi kebutuhan dan ketergantungan bagi kita semua.

Energi lsitrik tersebut banyak sekali manfaatnya karena energi listri dapat kita manfaatkan menjadi energi gerak. Contohya pada kipas angin, mesin cuci, motor listik, dan sebagainya. Energi listrik yang kita manfaatkan menjadi energi cahaya seperti pada lampu dan energi listrik yang dimanfaatkan untuk gelombang. Baik itu gelombang electromagnetik maupun gelombang suara. Jadi tidak terbayang bukan apabila kita tidak memiliki energi listrik tersebut listrik tersebut.

Sebelum kita masuk kepembahasan tentang cara memperbiki aki yang rusak baiknya kita mengenal dulu apa itu yang disebut dengan Aki. Aki yang biasa disebut dengan accumulator adalah suatu benda yang dapat menyimpan dan mengeluarkan kembali muatan listrik arus searah atau DC.

Aki terbagi menjadu 2 jenis, yaitu:

Aki Kering (Dry Type)

Aki kering bukan berarti didalam aki tidak memiliki cairan H2SO4 didalam aki tersebut. Yang disebut aki kering tersebut adalah aki yang tidak perlu kita lakukan pengisian atau penambahan air aki selama masa pemakaian aki tersebut.

Aki Basah (Wet Type)

Kebalikan dari aki kering, aki basah ini perlu maintanance extra karena kita harus menambah air aki tersebut secara rutin. Sesuai dengan ketinggian level air aki yang dianjurkan

Apa yang dimaksud dengan Aki yang rusak???

Tidak selalu aki yang tidak memiliki arus atau tegangan itu rusak, yang dimaksud dengan aki yang rusak yaitu Aki yang sudah tidak dapat menyimpan arus listrik lagi saat dilakukan charging akibat rusaknya element yang ada di dalam aki tersebut.

Jika sudah paham mengenai Aki dan kerusakan aki tersebut, barulah kita masuk ketahapan cara memperbaiki aki kering yang rusak. Berikut Cara memperbaiki aki yang rusak :

PREPARE (Persiapan)
Sebelum kita memperbaiki aki yang rusak tersebut alangkah baiknya kita melakukan persiapan terlebih dahulu, apa saja yang harus disiapkan:

1. Aki Kering yang rusak (ini sudah pasti ya,,,hahaha)

2. Obeng Min ukurang sedang

3. Air Accu Zuur (Cairan untuk pengisian air aki, biasa botol berwarna merah)

4. Kain/Tissue yang tidak terpakai (untuk satu kali pakai)

5. Air Panas Secukupnya

CARA MEMPERBAIKI AKI KERING YANG RUSAK:

  1. Cari posisi datar dan aman yang jauh dari jangkauan anak-anak
  2. Ambil aki yang rusak, kemudian bukan tutup aki tersebut secara paksa menggunakan obeng min (-) yang sudah disiapkan tadi sampai tutup aki kering tersebut bisa terlepas
  3. Jika sudah terbuka buang air yang ada didalam aki tersebut, tetapi hati-hati jangan sampai terkena kulit, baju atau celana.
  4. Jika air didalam aki tersebut sudah habis cuci dan rendam aki menggunakan air panas
  5. Jika sudah keringkan air yang masuk kedalam aki tersebut
  6. Isi Aki menggunakan Accu Zuur sampai 1 cm sebelum mulut dari lubang aki tersebut
  7. Lap dengan kain/tissue yang sudah disiapkan
  8. Tutup kembali Aki tersebut
  9. Yang terakhir usahakan di charge dulu sebelum di pasang kembali ke motor atau mobil anda.

Sekian dulu cara memperbaiki aki kering yang rusak dari saya, nantikan tips lain nya dan semoga bermanfaat
click tips & trick lainnya disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *